Selasa, 18 Desember 2018

Teknologi Pesawat Tanpa Awak (Drone)


TUGAS 
PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
TEKNOLOGI PESAWAT TANPA AWAK (DRONE)





Oleh :
Panji Gadang Pinasti
15116722
3KA33




ABSTRAK
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengenalkan tentang Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (Drone) .Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak(Drone)adalah Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV, adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya. 
Saat ini penggunaan pesawat tanpa awak (Drone) ini begitu luas,bahkan teknologinya begitu berkembang dengan cepat. Mulai dari ukuran kecil hingga terbesar dengan berbagai kegunaan. Penggunaan pesawat tanpa awak (Drone) juga dapat membantu manusia dalam segi penelitian,militer,jurnalisme,penanggulangan bencana dan lain-lain.
Pada 8 November 1898, Nicolas Tesla, penemu Amerika Serikat keturunan Serbia mematenkan remote control atau pengendali jarak jauh temuannya. Remote control ini menjadi dasar ilmu robotik kontemporer. Nicolas Tesla membuat kapal dan balon yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.
Perkembangan Drone.
Dan pada tahun 1916, sebuah konsep pesawat tanpa awak dibuat dan diberi nama “Aerial Target”. Namun sepanjang pembuatannya, ternyata alat tersebut tak kunjung diterbangkan. Namun beberapa waktu kemudian, debut pesawat tanpa awak bernama “Hewitt-Sperry Automatic Airpane” pun selesai diproduksi. Dan pesawat tanpa awak jenis ini yang pertama kali terbang dengan membawa misi bom terbang.

Dampak penggunaan pesawat tanpa awak (Drone) pada saat itu memang sangatlah negatif,hal tersebut sebenarnya dapat dipahami di karenakan pada saat itu terjadi perang dunia yang sedang terjadi,sehingga penggunaan teknologi itu sendiri di gunakan sebagai sumber kekuatan bagi negara yang sedang terjadi perang dunia. Namun di era modern ini kecanggihan teknologi tersebut bias di manfaatkan sebaik mungkin.



BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Pada era modern ini banyak sekali teknologi-teknologi canggih yang telah di ciptakan, tujuannya tentu untuk memfasilitasi dan mempermudah manusia dalam bekerja dan beraktivitas. Teknologi ini tentu memiliki banyak kegunaan, contohnya dibidang penelitian,militer dan lain-lain. Pesawat tanpa awak (Drone) kini diminati oleh para pengusaha-pengusaha,,contohnya pengusaha online shopping,hal tersebut karenakan pesawat tanpa awak (Drone) memiliki fungsi-fungsi dan karakteristik yang unggul dalam bidang tersebut.
Pengguna pesawat tanpa awak (Drone) bisa memperoleh informasi dari jarak jauh,untuk itu banyak orang yang tertarik untuk mempunyai pesawat tanpa awak (Drone). Penggunaan pesawat tanpa awak (Drone) ini sangatlah sederhana,seperti menggunakan remote control mainan anak.
Nah,pada saat itu lah penggunaan drone meningkat,kini banyak perusahaan-perusahaan teknologi yang memproduksi pesawat tanpa awak (Drone) ini,dari segi harga serta kualitasnya. Pesawat tanpa awak ini memiliki berbagai jenis dan juga memiliki beragam kegunaan


1.2 Rumusan Masalah
     1. Apa itu pesawat tanpa awak (Drone)?
     2. Bagaimana Fungsi Pesawat tanpa awak (Drone) ini?
     3. Apa saja jenis-jenis dari drone?
     4. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari drone ?

1.3 Tujuan Penulisan
Memberikan pengetahuan umum tentang pesawat tanpa awak (Drone), serta mengetahui beragam jenis drone dan manfaatnya.



BAB II
PEMBAHASAN




2.1 Pengertian Pesawat Tanpa Awak (Drone)
Secara umum, drone merupakan salah satu teknologi canggih yang berupa kendaraan udara. Bentuknya tersebut menyerupai pesawat terbang atau juga helikopter yang dapat di operasikan tanpa dikendarai oleh awak atau pilot. Jika pesawat terbang di kendarai oleh pilot yang berada di dalam kabin maka drone ini memiliki pilot yang tetap tinggal di daratan dan hanya memanfaatkan fasilitas seperti remote control untuk dapat mengontrol terbang drone di udara.
Meski drone ini pada awalnya hanya di pergunakan oleh anggota militer saja, namun rupanya di masa yang serba canggih ini, drone telah banyak digunakan oleh seluruh pihak secara meluas. Badan pemerintahan juga memanfaatkan drone untuk dapat menghubungkan intelejen dengan pertanahan. Namun saat ini untuk masyarakat awam sekalipun juga dapat menggunakan alat canggih tersebut. Pesawat tanpa awak (Drone) itu sendiri terbagi dalam beberapa jenis dan yang paling utama adalah drone khusus untuk militer dan khusus untuk komersial.
Drone khusus untuk militer tersebut merupakan jenis drone yang hanya dapat digunakan oleh pihak militer saja atau dapat juga digunakan oleh badan pemerintahan sedangkan drone komersial biasanya dipasarkan di beberapa toko secara meluas dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat umum.



2.2  Fungsi dari Pesawat Tanpa Awak (Drone)
Seperti teknologi pada umumnya yang memiliki berbagai macam fungsi untuk membantu manusia dalam bekerja atau beraktivitas, drone juga memiliki berbagai macam fungsi, seperti dibidang komersil,militer,,penelitian,dan berbagai bidang lainnya.


A. Komersil
Sebelum drone mulai menarik dikalangan masyarakat, kita tentu sudah tahu bahwa berbisnis pasti membutuhkan jasa pengiriman berupa kurir dan biasanya mobil atau sepeda motor yang menjadi alat transportasi pengirimannya. Kini beberapa perusahaan bisnis maupun komersil mulai tertarik menggunakan drone seperti yang dilakukan oleh perusahaan perdagangan elektronik di daerah Amerika, karena dengan menggunakan drone akan lebih cepat, hal tersebut karena drone menggunakan jalur udara sehingga bebas dari kemacetan lalu lintas seperti yang sering dialami para kurir yang menggunakan mobil atau sepeda motor.


B. Militer
Sejarah pesawat tanpa awak (Drone) yang awalnya memang diciptakan dalam era perang dunia, drone bisa digunakan sebagai pesawat tempur tanpa awak yang membawa misil maupun bom yang berukuran kecil namun memiliki daya ledak yang besar. Namun masih sedikit pihak militer yang mengembangkan drone sebagai alat pertempuran utama, hal tersebut dikarenakan pesawat jet tempur masih dalam posisi teratas dalam kondisi siap tempur, selain memiliki kecepatan terbang yang sangat cepat, pesawat tempur juga memiliki muatan yang lebih banyak dari drone.


C. Penelitian
Penggunaaan pesawat tanpa awak (Drone) dalam bidang penelitian ini bisa digunakan untuk memantau suatu kondisi suatu area yang ingin diteliti namun tak terjangkau. 


D. Lain-lain
Pengguanaan pesawat tanpa awak (Drone) juga bias di gunakan dalam aktivitas sehari-hari yang tentunya memiliki manfaat selain hiburan saja,contohnya ialah penggunaan drone untuk membantu penetrasi sambungan internet pada daerah terpencil yang tak tersentuh jaringan internet umum dan masih banyak lagi fungsi drone lainnya.



2.3  Jenis Pesawat Tanpa Awak (Drone)
Drone memiliki beberapa jenis atau tipe, drone bisa dikategorikan berdasarkan fisiknya, seperti bobot, berat, banyaknya baling-baling, dan beberapa sifat lainnya.
A. Fixed Wing Drone (Tunggal)

Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.


B. Multicopter Drone (Multi)

Untuk pembuatan atau merekam sangat cocok memilih drone jenis multicopter dikarenakan lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.



2.4  Manfaat Pesawat Tanpa Awak (Drone)
Dari berbagai macam fungsi sebelumnya yang telah kita ketahui, bahwa drone sangat membantu dalam pekerjaan atau aktivitas manusia, dengan menggunakan drone kita dapat bekerja lebih cepat sehingga lebih efisien dan efektif dengan bekerja secara manual yakni fisik kita sebagai manusia, selain itu dengan menggunakan drone kita bisa mengakses beberapa lokasi yang tidak bisa dilakukan manusia, seperti melakukan pemetaan atau melakukan visualisasi pada sebuah penggunungan maupun tebing-tebing yang terjal, selain bermanfaat sebagai alat bantu aktivitas dan pekerjaan, drone juga merupakan salah satu media hiburan, kita bisa menggunakan drone layaknya mainan remote control.



2.5  Kelebihan dan Kekurangan Pesawat Tanpa Awak (Drone) 

Kelebihan Pesawat Tanpa Awak (Drone):
  1.  Harga lebih murah di bandingkan pesawat berawak
  2. Tidak perlu tenaga ahli yang mengendalikan cukup kita yang mengontrol untuk pemakaian  remote control. 
  3. Ukurannya yang tidak sebesar pesawat berawak. 
  4. Memiliki system navigasi yang sangat canggih.
  5. Mampu di kendalikan dari jarak jauh. 
  6. Dapat merekam atau memfoto kejadian di sekitar apabila di pasangkan kamera.
  7. Tidak terlalu berat ataupun ringan. 
      Kekurangan Pesawat Tanpa Awak (Drone) : 
  1.  Rawan rusak apabila terdapat cuaca yang buruk.
  2. Memiliki energy untuk terbang yang cepat habis.
  3. Harganya cukup mahal bagi masyarakat biasa.
  4. Tidak boleh terbang terlalu tinggi.

BAB III
PENUTUP



3.1 Kesimpulan
Pesawat Tanpa Awak (Drone) adalah salah satu teknologi canggih di era modern yang memiliki berbagai mancam fungsi dan kegunaan, serta memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda, dan memiliki manfaat dalam membantu pekerjaan dan aktivitas manusia, namun penggunaan drone juga harus mentaati hukum dan norma yang berlaku. Penggunaan drone tidak bisa digunakan secara leluasa pada sebuah negara atau kota yang memiliki tata kota yang kurang teratur, atau padat rumah penduduk maupun gedung-gedung yang letaknnya berdekatan.



Referensi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Animasi Orang Berjalan

Kali ini saya akan memberikan cara membuat animasi orang berjalan dengan menggunakan aplikasi Pivot Animator. Langkah-langkahnya : 1. Anda...